Sosok Ustadz Abdul Somad Dimata Masyarakat


ustadz abdul somad
Dari pelosok ke pelosok berdawah, sampai memasuki di perkotaan dan juga diketahui luas sudah, karna begitu tawadhu’ walaupun ilmunya begitu luas senantiasa simpel walaupun kadangkala di area golongan elegan, tegas terencana dalam menerangkan sampai – sampai ummat mudah mengolah mengerti.

ulama yang rendah hati, penuh dengan kesederhanaan, sama serupa orang – orang kampung mayoritas yang kita amati.

tetapi kecerdasannya, pemahamannya, ilmu agamanya, angkatan laut (AL) quran, hadist yang dia dalami hendak menggetarkan siapapun yang mencermati pemaparannya dikala ia berposisi diatas podium/mimbar.

senantiasa terdapat guyonan yang berkelas dalam tiap ceramahnya, bukan guyonan garing tanpa ilmu. logat melayu dan juga suara nyaringnya membalut diksinya yang gamblang, perinci dan juga argumentatif, toleran dalam permasalahan fiqih, tetapi tegas dalam syariat.

ustadz kelahiran medan 1977 ini berpendidikan s1 al – azhar mesir dan juga s2 marokko merupakan seseorang dosen bhs arab dan juga tafsir.

umat saat ini memerlukan ulama ataupun kiyai berbagai ia tuh. bukan berbagai sebagian tokoh yang terseret fanatisme kalangan, sampai ikut – ikutan berbarengan pihak luar menyudutkan sesama muslim cuma karna tidak sepaham.

dia tanpa tedeng aling – aling mengaku pemeluk madzhab syafii dalam fiqih, membela tradisi amalan tahlil dan juga yasinan dengan alasan syariy dan juga tarbawiy kokoh, tetapi bila bicara perjuangan, menurutnya islam cuma satu. seluruh gerakan dakwah islam, dalam koridor aswaja.. .

kenapa dia beda, karna 2 perihal: mutsaqqaful fikri dan juga zakiyyun nafsi.. pinter otaknya dan juga bersih hatinya sekalian.

pinter tetapi kotor cuma menghasilkan sampah pemikiran; bersih tetapi bodoh tidak sempat berikan sinar kepahaman..

berani menolak permintaan presiden, bahwa ingin dibanding dengan kyai – kyai sebelah situ.. hingga hendak jauh panggang dari api. kyai situ malah bersedia tergopoh – gopoh menemui presidennya kala terpanggil. meski terdapat agenda pengajian dengan umat, mereka dapat tinggalkan karna negeri memanggil.. . ialah presiden. tetapi untuk ustadz abdul somad, rakyat – lah yang wajib ditemui.

satu orang presiden yang dia temui, dapat mengecewakan ribuan umat yang sudah menunggu kedatangannya. dan juga dia lebih mementingkan ribuan umat dari pada berjumpa dengan presiden. toh bersama manusia, sebiji dengan ribuan biji tentu hendak lebih berguna karna bukan ketenaran yang dicari tetapi menebar khasiat sebanyak – banyaknya.

mudah – mudahan allah swt tetap menjagamu wahai ustadz yang insya allah dicintai ummat. ghirrah dawah engkau merupakan inspirasi untuk yang lain kalau ilmu betul – betul membikin peran dan juga kemulyaan untuk hamba yang ikhlas.

salam hormat dan juga terima kasih wahai ustadz somad, kami amat bersyukur dengan terdapatnya ustadz yang all out mengajar dan juga mengajak ummat senantiasa merindukan kasih sayang allah swt.

subhanallah.. . . kealiman ust. somad membikin kepala PBNU kagum

kepala bidang tarbiyah pengurus besar nahdlatul ulama (pbnu) , muhammad sulton fatoni mengantarkan kekagumannya terhadap kealiman dai yang mencuat namanya akhir – akhir ini, ustaz abdul somad. tetapi, bagi fatoni, ustaz somad masih butuh membetulkan lagi bahasa dakwahnya.

sulton berkata, ustaz somad menggambarkan kader nu karna sempat jadi kepala lembaga bahtsul masail pwnu riau sepanjang 5 tahun. karna itu, bagi ia, konten yang disampaikannya setimpal dengan uraian nu yang moderat. terlebih lagi, ustaz lulusan s2 darul hadits maroko tersebut diketahui amat tawadhu terhadap kiai.

” dari sisi konten dia bagus. dia alim, dia pinter, tetapi dari sisi bahasa dakwah dia wajib senantiasa belajar mencari diksi yang baik. kekokohan bahasa modul dengan bahasa dakwah kan berubah, ” ucap sulton, rabu, 13 desember 2017 serupa dirilis republika.

bagi ia, para kiai nu di pesantren itu mengganti warga jadi lebih baik karna memakai bahasa dakwah yang baik. sedangkan secara modul, bagi ia, kiai pesantren lazimnya pula lebih dahulu melaksanakan kajian yang panjang dengan menarangkan kata per kata. karna dalam satu kata itu dapat memiliki arti yang banyak.

” tetapi bahwa di tengah warga, ketemu dengan warga yang waktunya cuma satu hingga 2 jam, kiai itu itu wajib lebih menguasi bahasa dakwah, ” ucapnya.

dalam mengantarkan dakwahnya, bagi ia, seseorang dai wajib memiliki mempunyai bahasa dakwah yang mumpuni. karna itu, dia menganjurkan supaya ustaz somad ke depannya membetulkan bahasa dakwahnya dengan lebih baik lagi, sampai – sampai sebagian pihak yang berkepentingan tidak gampang menjadikannya laporan hoax.

” secara modul, moderat. cuma dia masih butuh mumpuni ataupun butuh memilah dengan baik bahasa dakwahnya. bahwa materinya sudah bagus. alim dia, ” katanya.

Ini Kisah Singkat dan Profil Ustadz Abdul Somad, Lc. MA

Beberapa tahun terakhir, nama ustadz ini sering menjadi perbincangan para netizen dan pegiat media sosial tanah air. Kajian-kajiannya tajam dan menarik sehingga membuat banyak orang suka dengan tausiahnya. Bahkan pengajiannya pun juga banyak yang menjadi viral di media sosial. Kajian mengenai hari kemerdekaan Indonesia beberapa waktu yang lalu misalnya, begitu viral dan dishare oleh banyak orang.

Ulasan yang cerdas dan lugas, ditambah lagi dengan keahlian dalam merangkai kata yang menjadi sebuah retorika dakwah, membuat ceramah Ustadz Abdul Somad begitu mudah dicerna dan mudah dipahami oleh berbagai kalangan masyarakat. Banyak dari ceramah Ustadz Abdul Somad yang mengulas berbagai macam persoalan agama.

Dan bahkan bukan itu saja, ceramah Ustadz Abdul Somad juga banyak yang membahas mengenai masalah-masalah terkini, serta berbagai masalah yang sedang menjadi pembahasan hangat di kalangan masyarakat.

Demikian halnya selain di dunia nyata, ternyata di dunia maya pun nama Ustadz Abdul Somad ini juga mulai banyak dicari banyak orang. Banyak yang mencari informasi siapa sebenarnya profil dan biodata Ustadz Abdul Somad ini. Selain begitu banyak orang yang penasaran dengan nama Ustadz Abdul Somad, tak sedikit pula yang mencari berbagai kajian dan ceramah Ustadz Abdul Somad.

 Profil Singkat Ustadz Abdul Somad, Lc. MA

Abdul Somad, Lahir di Silo Lama, Asahan, 18-05-1977 Propinsi Sumatera Utara. Beliau adalah ulama besar yang memiliki garis keturunan Melayu. Ayah dan ibunya beliau suku Melayu Batubara

Sejak dari bangku sekolah dasar dirinya dididik melalui sekolah yang berbasis pada Tahfizh Alquran. Tamat dari SD Al-Washliyah Medan tahun 1990, ia melanjutkan pendidikannya ke MTS Mu’allimin al-Washliyah Medan. Setelah tamat tahun 1993, ia melanjutkan pendidikan ke Pesantren Darularafah Deliserdang Sumatera Utara selama satu tahun. Lalu tahun 1994, ia pindah ke Riau untuk melanjutkan pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, Indragiri Hulu dan menyelesaikannya di tahun 1996. Tahun 1996-1998 ia kuliah di UIN SUSKA Riau.

Tahun 1998, ia merupakan salah satu dari 100 orang yang menerima beasiswa yang dibuka oleh pemerintah mesir untuk orang indonesia belajar di Universitas Al-Azhar mengalahkan 900-an orang lainnya yang mengikuti tes untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Abdul Somad mendapatkan gelar Lc-nya dalam waktu tiga tahun 10 bulan.

Kemudian pada tahun 2004, kerajaan maroko menyediakan 15 beasiswa bagi pendidikan S2 di Dar Al-Hadits Al-Hassania Institute yang setiap tahunnya hanya menerima 20 orang murid dengan rincian 15 orang maroko dan lima orang untuk asing. Abdul Somad pun terpilih untuk masuk dalam kuota penerimaan 5 orang asing tersebut melalui jalur beasiswa S2 yang diselesaikannya dalam waktu satu tahun 11 bulan.

Biodata Ustadz Abdul Somad

Nama Lengkap : H. Abdul Somad, Lc., MA.
Kelahiran : Rabu petang tanggal 30 Jamada al-Ula 1314 Hijrah
Bertepatan dengan 18 Mei 1977 M.
Pendidikan Ustadz Abdul Somad
SD al-Washliyah, tamat 1990
Mts Mu’allimin al-Washliyah Medan, tamat 1993
Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, In-hu, tamat 1996
S1 Al-Azhar, Mesir.
S2 Dar Al-Hadits Al-Hassania Institute, Kerajaan Maroko

Pengabdian Ustadz Abdul Somad

Dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Dosen Tafsir dan Hadits di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau.
Dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur Pekanbaru.
Anggota MUI Provinsi Riau, Komisi Pengkajian dan Keorganisasian Periode : 2009 – 2014.
Anggota Badan Amil Zakat Provinsi Riau, Komisi Pengembangan, Periode : 2009 – 2014.
Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau, Periode : 2009 – 2014.

Karya Ilmiah Ustadz Abdul Somad

a. Thesis
رجال الموطأ والصحيحين الذين ضعفهم النسائي في كتاب الضعفاء والمتروكين: جمعا ودراسة
b. Terjemah (Arab – Indonesia)
Perbuatan Maksiat Penyebab Kerusakan Rumah Tangga (Judul Asli: Al-Ma’ashi Tu’addi ila Al-Faqri wa Kharab Al-Buyut), Penulis: Majdi Fathi As-Sayyid. Diterbitkan oleh Pustaka Al-Kautsar, Jakarta, Maret 2008.

  • 55 Nasihat Perkawinan Untuk Perempuan, (Judul Asli : 55 Nashihat li al-banat qabla az-zawaj), Penulis: DR. Akram Thal’at, Dar at-Ta’if, Cairo. Diterbitkan oleh Penerbit Cendikia Sentra Muslim-Jakarta, April-2004.

  • 101 Kisah Orang-Orang Yang Dikabulkan Doanya (Judul Asli: 101 Qishash wa Qishah li Alladzina Istajaba Allah Lahum Ad-Du’a’, Majdi Fathi As-Sayyid. Diterbitkan oleh Pustaka Azzam – Jakarta, Desember 2004.

  • 30 Orang Dijamin Masuk Surga (Judul Asli: 30 al-mubasysyarun bi al-jannah), DR.Mustafa Murad, Dar al-Fajr li at-Turats,Cairo. Diterbitkan oleh Cendikia Sentra Muslim-Jakarta, Juli-2004.

  • 15 Sebab Dicabutnya Berkah (Judul Asli: 15 sabab min asbab naz’ al-barakah), Penulis: Abu Al-Hamd Abdul Fadhil, Dar ar-Raudhah-Cairo. Diterbitkan oleh Cendikia Sentra Muslim-Jakarta, Agustus-2004.

  • Indahnya Seks Setelah Menikah (Judul Asli : Syahr al-‘asal bi la khajal), DR. Aiman Al-Husaini, diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Progresif, Jakarta, September 2004.

  • Beberapa Kekeliruan Memahami Pernikahan (Judul Asli: Akhta’ fi mafhum az-zawaj, Muhammad bin Ibrahim Al-Hamd, diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Progresif- Jakarta, September 2004.

  • Sejarah Agama Yahudi (Judul Asli: Tarikh ad-Diyanah al-Yahudiyyah), diterbitkan oleh Pustaka al-Kautsar, Jakarta, Desember 2009


Demikian profil singkat Ustadz Abdul Somad, Lc. MA, yang berhasil kami himpun dari Wikipedia maupun dari laman Blog beliau.

Semoga beliau istiqomah dan senantiasa memberikan ilmu kepada kita



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sosok Ustadz Abdul Somad Dimata Masyarakat

0 komentar:

Post a Comment